LA SIM (minggu ke 3)

Pengenalan Access

1. Apakah yang dimaksud dengan Microsoft Access ? Dan apa fungsinya ?

Pengertian Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah., dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.

Fungsi : digunakan untuk mengolah data dan aplikasi yang dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasi-aplikasi yang kecil.

2. Apakah yang dimaksud dengan Database, Tabel, Record, Dan Field ?

–          Database adalah sekumpulan data yang terintegrasi yang diorganisasi untuk memenuhi kebutuhan para pemakai di dalam suatu organisasi.

–          Table adalah tempat untuk menyimpan data.

–          Record adalah kumpulan dari field. Ex :pada baris dan tulisan.

–          Field adalah elemen data yang terkecil. Ex : gabungan karakter.

3. Hampir semua table yang akan dibuat memiliki sebuah field yang berfungsi sebagai Primary Key, apakah yang dimaksud dengan Primary key ?

Primary Key adalah atribut (field) yang dipilih untuk menentukan struktur storage pada organisasi file multi key, adapun key lainnya disebut dengan secondary key. Pengertian lainya Primary Key adalah suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel. Nilai dari primary key adalah unik.

4. Apakah yang dimaksud dengan Relationship dan Foreign Key ?

–          relationship adalah relasi atau hubungan antara beberapa tabel dalam database. Definisi lain relationship ( kaitan dengan foreign key) adalah keterkaitan antara primary key dan foreign key (kardinalitas one to many atau many to many)

–          Foreign Key adalah Sebuah kumpulan field dalam satu relasi yang digunakan untuk me“refer” (menunjuk) ke suatu baris (tuple) pada relasi yang lain (harus berkorespondensi dengan primary key pada relasi yang kedua), seperti: ‘logical pointer.

5. Apa yang dimaksud dengan Report, dan Apakah dalam Microsoft Access menyediakan fungsi untuk membuat Report ?

Reports disediakan untuk membuat format pencetakan pada media kertas melalui printer. digunakan untuk merepresentasikan hasil olahan data menjadi informasi yang siap di cetak di lembaran kertas

Ya, ms. access menyediakan fungsi dalam pembuatan record yaitu dengan menggunakan fasilitas wizard dan bisa juga dibuat dengan cara manual.

Sumber : http://www.crayonpedia.org/mw/BAB_11_APLIKASI_BASIS_DATA_BERBASIS_MICROSOFT_ACCESS_AUNUR

About kiki.febrian

manusia biasa yang simple dan apa adanya

Posted on Maret 25, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: