ANALISIS MINAT BACA MAHASISWA MELALUI MEDIA CETAK DAN MEDIA ELEKTRONIK (DISERTAI DENGAN PENGGUNAAN GADGET)

I.                   PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Hidup di zaman era globalisasi seperti saat sekarang sangatlah menjadi tantangan tersendiri bagi kehidupan remaja. Banyak dampak yang terasa, baik secara positif maupun negative. Masa remaja yang dikenal dengan masa transisi atau pencarian jati diri mengakibatkan mudahnya remaja saat ini menerima trend ataupun gaya hidup baru yang ada di sekitarnya. Tidak hanya sekedar trend, dalam penyerapan informasi pun kalangan remaja dapat dikatakan sebagai kalangan “tersensitif” dalam menyerap informasi yang ada.

Informasi sangatlah dibutuhkan bagi kalangan manapun. Adapun media yang disediakan untuk mendapat informasi yaitu media elektronik berupa  TV,radio, dan internet. Selain itu media cetak berupa koran,majalah,dsb. Walaupun memiliki fungsi yang sama yaitu menyajikan informasi, namun kedua jenis media tersebut memiliki keunggulan masing-masing yang dapat meningkatkan minat dari para pengguna informasi untuk memilih mana yang lebih baik antara media cetak dan media elektronik.

Perubahan zaman dan semakin meningkatnya teknologi menyebabkan berbagai kalangan memilih segala sesuatu secara praktis. Inilah yang terjadi pada saat sekarang terutama remaja. Dalam pengambilan informasi yang dibutuhkan, para remaja saat ini saat enggan untuk membaca dalam bentuk kertas seperti koran dan majalah. Mereka cenderung hanya ingin mengakses apapun yang mereka inginkan melalui media elektronik. Hal ini menyebabkan media cetak secara perlahan mulai diabaikan di kalangan remaja.

Berikut hasil survey antara penggunaan media cetak dan media elektonik :

Survey ini dilakukan terhadap  13 mahasiswa dan mahasiswi usia 19 sampai dengan 21 tahun. Dapat dilihat bahwa media elektronik sangat mendominasi minat para remaja khususnya mahasiswa dalam pencarian informasi yang mereka butuhkan.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan para remaja menggunakan media elektronik karena praktis dan menarik.  Namun belum ada pemikiran lebih lanjut tentang berapa biaya yang dipergunakan apabila kita menggunakan media elektronik. Sedangkan alat untuk mengakses informasi melalui media elektronik semakin banyak dan beraneka ragam sesuai dengan perkembangan teknologi dan zaman.

1.2  Perumusan Masalah

Dari latar belakang kajian ini, maka masalah kajian dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. apa saja keunggulan dari media cetak dan media elektronik?
  2. faktor-faktor apa yang menyebabkan para remaja memilih media elektronik daripada media cetak?
  3. apa dampak positif dan negative dari penggunaan media elektronik?
  4. berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk mengakses informasi melalui media elektronik sesuai dengan berkembangnya fasilitas gadget yang digunakan?

1.3. Tujuan

a.   menganalisis keunggulan dari media cetak dan media elektronik

b.   menganalisis faktor-faktor penyebab para remaja memilih media elektronik daripada media cetak

c.   menganalisis dampak positif dan negative dari penggunaan media elektronik

d.   menganalisis besar biaya yang dikeluarkan untuk mengakses informasi melalui media elektronik sesuai dengan berkembangnya fasilitas gadget yang digunakan.

II.TEORI

II.1 Media cetak dan media elektronik

Media cetak merupakan media komunikasi pertama yang dikenal manusia sebagai media yang memenuhi cirri-ciri komunikasi arah ( satu arah, melembaga, umum, serempak ). Media massa cetak berbentuk surat kabar, tabloid, majalah, bulletin. ( Abede ; 2002 : 102 )

Pengertian media cetak menurut Rhenald Kasali (1992,99), media cetak adalah suatu media yang statis dan mengutamakan pesan-pesan visual. Media ini terdiri dari lembaran dengan sejumlah kata, gambar, atau foto, dalam tata warna dan halaman putih. Media cetak adalah suatu dokumen atas segala hal yang dikatakan orang lain atau peristiwa yang dirangkap oleh sang jurnalis dan diubah dalam bentuk kata-kata, gambar, foto, dan sebagainya.

Ciri-ciri media cetak ( Abede ; 2002 : 103 ) :

  1. Daya tampungnya tinggi ( memiliki peluang untuk menambah halaman )
  2. Daya dokumentasinya tinggi ( sangat mudah disimpan atau diperbanyak )
  3. Jaringan distribusinya terbatas ( karena sifatnya yang literer )

Kelebihan dan kekurangan media cetak:

Menurut Dominick ( JISK ; 2001 : 66-67), media cetak memiliki kelebihan sekaligus kekurangan, yaitu : pertama, kelebihan media cetak yaitu pada kedalaman analisisnya yang lebih panjang dan tajam, lalu kekurangannya dimensi “ruang” (space) lebih menentukan cara penyampaian berita. Kedua, media cetak memiliki kekayaan dalam member informasi kepada khalayak yang lebih banyak dan mudah diingat, media cetak lebih permanen, dalam pengertian membacanya bisa diulang-ulang dan bisa dibaca kapan saja. Ketiga, kekurangan media cetak terletak antara hubungan wartawan dengan pembaca, sangat berjarak, umumnya wartawan bersifat anonym. Keempat, proses penyajian berita pada media cetak lebih sederhana, yang menentukan si wartawan sendiri dan redakturnya.

Media elektronik adalah media yang menggunakan elektronik atau energi elektromekanis bagi pengguna akhir untuk mengakses kontennya. Istilah ini merupakan kontras dari media statis (terutama media cetak), yang meskipun sering dihasilkan secara elektronis tapi tidak membutuhkan elektronik untuk diakses oleh pengguna akhir. Sumber media elektronik yang familier bagi pengguna umum antara lain adalah rekaman video, rekaman audio, presentasi multimedia, dan konten daring. Media elektronik dapat berbentuk analog maupun digital, walaupun media baru pada umumnya berbentuk digital.

Ciri – ciri media elektronik :

1. Menggunakan media masa dengan organisasi (lembaga media) yang jelas.
2. Komunikator memiliki keahlian tertentu
3. Pesan searah dan umum, serta melalui proses produksi dan terencana
4. Khalayak yang dituju heterogen dan anonim
5. Kegiatan media masa teratur dan berkesinambungan
6. Ada pengaruh yang dikehendaki
7. Dalam konteks sosial terjadi saling mempengaruhi antara media dan kondisi masyarakat serta sebaliknya.
8. Hubungan antara komunikator (biasanya media massa) dan komunikan (pemirsanya) tidak bersifat pribadi.

Kelebihan :

  • Cepat, dari segi waktu, media elektronik tergolong cepat dalam menyebarkan berita ke masyarakat luas.
  • Ada audio visual, media elektronik mempunyai audio visual yang memudahkan para audiensnya untuk memahami berita.(khusus televisi).
  • Terjangkau luas, media elektronik menjangkau masyarakat secara luas.

Kekurangan :

  • Tidak ada pengulangan, media elektronik tidak dapat mengulang apa yang sudah ditayangkan

II.II Hipotesis

            Setelah dilakukan survey terhadap 13 mahasiswa, maka 92% dari mereka lebih berminat untuk membaca melalui media elektronik. Adapun beberapa alasan mereka memilih media elektronik adalah sebagai berikut :

  1. Lebih menarik karena ada tampilan berwarna
  2. Praktis
  3. Cakupan berita meluas
  4. Dapat dibaca kapan saja dan lebih update

Adapun 8% diantara mereka beralasan memilih media cetak karena :

  1. Lebih murah
  2. Bisa dicari kapan saja (karena ada wujudnya)

Penggunaan gadget dari 92% mahasiswa yang lebih memilih media elektronik dibandingkan media cetak ternyata masih kurang diperhatikan. Mereka belum mempertimbangkan bagaimana perkembangan gadget sesuai dengan perkembangan teknologi dan trend saat ini apabila dikaitkan dengan biaya yang harus mereka keluarkan.

H1 : penggunaan gadget mempengaruhi minat baca mahasiswa yang lebih memilih media elektronik.

Ho : penggunaan gadget tidak mempengaruhi minat baca mahasiswa yang lebih memilih media elektronik.

II.III Pengembangan Hipotesis

            Seiring dengan fasilitas gadget yang semakin canggih, maka semakin menariklah informasi yang kita dapatkan. Ada kepuasan tersendiri dalam menikmati gadget yang digunakan walaupun sama-sama untuk mendapatkan informasi. Inilah yang menyebabkan adanya keterkaitan antara minat baca dan penggunaan gadget. Malah mungkin terkadang para pengguna kurang memikirkan berapa biaya yang harus mereka korbankan untuk menikmati gadget yang semakin lama semakin canggih.

II.IV Tinjauan Penelitian Terdahulu

Nanny Roedjinandari (jurnal) : Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Makanan Khas Jawa pada Rumah Makan “Inggil” Malang. Dalam jurnal ini, dibahas tentang keputusan pembelian sesuai dengan bagaimana gaya hidup, dan kebutuhan dari masing-masing individu walaupun dapat dikatakan kurang adanya pertimbangan biaya yang harus mereka keluarkan.

II.V Deskripsi Statistik

  • Metode Deskriptif

Analisis metode deskriptif yaitu metode penganalisisan data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, mengklasifikasian, menganalisa dan menginterprestasikan data sehingga dapat memberikan gambaran jelas mengenai masalah yang dihadapi (Sugiyono, 2003: 142)

  • Metode Statistika

Persamaan regresi : persamaan matematika yang memungkinkan peramalan nilai suatu peubah tak bebas (dependent variable) dari nilai peubah bebas (independent variable). Adapun analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas yaitu perkembangan gadget (X1) dan biaya yang harus dikeluarkan (X2) terhadap variabel terikat yaitu minat baca mahasiswa (Y).

Maka didapatkan rumus sebagai berikut :

Y = a + b1X1 + b2X2 + e

Dimana :

Y        = minat baca mahasiswa

a          = konstanta

X1       = besar biaya yang harus dikeluarkan

X2       = besar pengaruh perkembangan gadget

b          = koefisien regresi berganda

e         = Standard eror

v  Uji t

Untuk melihat pengaruh variabel indepen (X) terhadap variable dependen (Y), maka dalam hal ini peneliti menggunakan uji t dua sisi. Sedangkan bentuk pengujiannya adalah sebagai berikut :

Ho : b1 = 0

Artinya, tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y).

Ho : b1 > 0

Artinya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variable penggunaan gadget (X) terhadap variabel minat baca mahasiswa (Y). Kriteria pengambilan keputusan dengan tingkat kesalahan sebesar 5%:

–          Ho diterima apabila thitung < ttabel

–          H1 diterima apabila thitung > ttabel

v  Uji signifikan simultan (Uji – F)

Uji – F pada dasarnya menunjukan apakah semua variabel yang dimasukan dalam mempunyai model mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel terikat.

Ho = b1 = b2 = 0

Artinya secara bersama-sama tidak berpengaruh yang positif dan signifikan dari variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y).

H1 ≠ b1 ≠ b2 ≠ 0

Artinya secara bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y).

Kriteria pengambilan keputusan :

–          Ho diterima jika Fhitung  < Ftabel pada α = 5%

–          Ha diterima jika Fhitung > Ftabel pada α = 5%

v  Koefisien determinasi (R2)

Koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui besarnya kontribusi variabel penggunaan gadget (X) terhadap variable minat baca mahasiswa (Y). Jika nilai R2 mendekati satu (1) semakin kuat pengaruhnya, sebaliknya jika R2 mendekati nol (0) maka semakin kecil pengaruhnya.

III. METODE PENELITIAN

III.1 Model Penelitian

  • Variabel penggunaan gadget (X)

Yaitu bagaimana penilaian mahasiswa terhadap perkembangan gadget (X1) dan juga biaya yang harus dikeluarkan (X2) untuk menikmati fasilitas gadget.

  • Variabel minat baca mahasiswa (Y)

Yaitu bagaimana minat baca mahasiswa yang saat ini sangat ditunjang dengan penggunaan gadget yang semakin lama semakin canggih.

III.2  Data dan Variabel

Besar pengaruh perkembangan gadget (X1) : perkembangan teknologi yang sangat mempengaruhi gaya hidup baik di kalangan remaja bahkan beragam usia. Hal ini ditunjukan dengan semakin beragamnya model yang dapat dinikmati para penikmat gadget. Bukan hanya sekedar desain yang selalu termodifikasi, tetapi juga kecanggihan teknologi di dalamnya. Skala pengukuran : Skala likert 1-10

Besar biaya yang harus dikeluarkan (X2) : besarnya pendapatan sangat mempengaruhi gaya hidup dan selera dari penikmat gadget. Terkadang mereka rela menghabiskan sebagian uangnya hanya untuk menikmati fasilitas gadget yang semakin lama semakin canggih. Skala pengukuran : Skala likert 1-10

Minat baca mahasiswa (Y) : yaitu melihat apa saja faktor yang dapat mempengaruhi minat baca mahasiswa. Apakah penggunaan gadget juga termasuk salah satu faktor yang mempengaruhinya? Skala pengukuran: skala likert 1-10

III.3  Teknik Pengumpulan Data

Adapun cara yang dilakukan untuk pengambilan data adalah dengan cara mengajukan pertanyaan langsung kepada beberapa mahasiswa yang dijadikan sebagai sampel penelitian.

III. 4 Sumber Data

v  Data primer

Merupakan data yang diperoleh secara langsung dari para responden. Dalam penelitian ini data didapatkan dari jawaban yang dikemukakan oleh para responden setelah diadakan pertanyaan dari peneliti.

v  Data sekunder

Data sekunder diambil dari internet serta media-media lain sebagai referensi dari peneliti.

III.5 Tahapan Penelitian

ü  Meneliti objek

ü  Membuat pertanyaan

ü  Menyebarkan pertanyaan kepada responden

ü  Menganalisa jawaban responden

ü  Mengolah data menjadi laporan

III.6  Populasi dan Sampel

Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel random yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi. Mengingat besarnya populasi, maka dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebesar 13 user media elektronik di Universitas Gunadarma.

IV. ANALISA DAN HASIL PENELITIAN

Berdasarkan data primer yang telah diperoleh dari responden,selanjutnya data akan diolah menggunakan metode analisa deskriptif dan metode analisa statistic. Metode ini masing-masing akan menguraikan hasil dari pengumpulan data dan juga untuk menguji reabilitas dari hasil wawancara.

  • Analisa deskriptif

Data yang didapatkan melalui wawancara memberikan gambaran umum mengenai karakteristik responden yaitu berupa jenis kelamin dan umur.

1. Karateristik berdasarkan umur

Diketahui bahwa kategori umur yang paling banyak diteliti adalah umur 20 tahun sebanyak 8 orang responden atau 61,53 %. Untuk kategori umur paling sedikit adalah umur 21 tahun sebanyak 2 responden atau sekitar 15,38 %, dan sisanya kategori umur 19 tahun sebanyak 3 orang atau sekitar 23,07%.

2. Karateristik berdasarkan jenis kelamin

Berdasarkan hasil wawancara, peneliti mengambil sampel responden wanita sebanyak 8 orang atau 61,53% dan pria sebanyak 5 orang atau 38,46 %.

  • Rekapitulasi hasil analilis regresi

Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa besar pengaruh perkembangan gadget dan biaya yang harus dikeluarkan memiliki hubungan dengan minat baca mahasiswa yang lebih memilih media elektronik, ditunjukan nilai multiplr R sebesar 0,522. Sedangkan nilai koefesien determinasi yang disesuaikan (Adjusted R²) sebesar 0,221 menunjukan kontribusi besar pengaruh perkembangan gadget dan biaya yang harus dikeluarkan memiliki hubungan dengan minat baca mahasiswa yang lebih memilih media elektronik adalah sebesar 22,1, sedangkan sisanya 71,9 ditentukan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model.

  • Uji F

Pengujian terhadap model regresi (good ness of fit) dilakukan dengan uji F dimana hasil analisis diperoleh nilai Fhitung = 5,249 lebih besar dari F table = 2,84 dengan probabilitas 0,04 lebih kecil dari 0,05. Artinya secara simultan variable bebas yaitu pengaruh perkembangan gadget dan biaya yang harus dikeluarkan memiliki pengaruh terhadap minat baca mahasiswa yang lebih memilih media elektronik.

  • Uji t

Persamaan regresi yang diperoleh dari analilis regresi adalah sebagai berikut :

Y = 0,240 + 9,126 E-02 X1 + 0,308 X2

Koefesien regresi besar biaya yang harus dikeluarkan sebesar 9,126E-02 menunjukan bahwa biaya yang harus dikeluarkan memiliki pengaruh positif terhadap minat baca mahasiswa yang lebih memilih media elektronik.

Secara statistik biaya yang harus dikeluarkan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat baca mahasiswa yang lebih memilih media elektronik, hal ini ditunjukan dari thitung = 0,674 lebih kecil dati ttabel = 2,021 dengan probabilitas 0,504 lebih besar 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa besar biaya yang harus dikeluarkan tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat baca mahasiswa yang memilih media elektronik.

Koefisien regresi pengaruh perkembangan gadget 0,308 menunjukan bahwa pengaruh perkembangan gadget memiliki pengaruh positif terhadap minat baca mahasiswa yang lebih memilih media elektronik.

Secara statistik, pengaruh perkembangan gadget memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat baca mahasiswa yang lebih memilih media elektronik, hal ini ditunjukan dari thitung = 2,268 lebih besar dari ttabel = 2,201 dengan probabilitas 0,029 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pengaruh perkembangan gadget memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat baca mahasiswa yang lebih memilih media elektronik.

V. KESIMPULAN DAN SARAN

 

ü  Kesimpulan

–          Berdasarkan analisis regresi dapat diketahui model penelitian menunjukan model yang sudah fit bias ditunjukan uji model dengan nilai F yang signifikan pada alpha 0,005.

–          Variabel yang berpengaruh dominan terhadap minat baca mahasiswa yang lebih memilih media elektronik adalah variabel pengaruh perkembangan gadget.

 

ü  Saran

Walaupun pengaruh perkembangan gadget mendominasi pengaruh minat baca mahasiswa, tetapi sebaiknya kita tetap memperkirakan berapa biaya yang harus kita keluarkan apabila selalu mengikuti perkembangan yang ada. Sedangkan membaca dapat kita lakukan bukan hanya dengan menggunakan fasilitas gadget, namun masih banyak media lain yang menyediakan informasi tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

 

 

 

 

About kiki.febrian

manusia biasa yang simple dan apa adanya

Posted on Oktober 8, 2011, in Metode Riset. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: