Ular Boa memiliki anak tanpa kawin

Peneliti dari North Carplina University menemukaan seekor ular boa constrictors yang memiliki anak tanpas perkawinan. anak dari “ibu super” boa ini semuanya betina dan tim peneliti sudah menemuokan sidik jari genetik dimana pejantan terlibat dalam proses reproduksi.

Penelitian ini dipublikasikan dalam “Biology Latters”, jurnal Royal Society. “Ini p[ertama kalinya reproduksi asksual tanpa kawin yang dikenal di dunia ilmiah sebagai partenogenesis terkait dengan boa constrictors,” kata Warren Booth, peneliti pos doktoral NC State University.

Menurut Booth, temuan ini memaksa para ilmuan kembali memeriksa reproduksi reptil, terutama spesies ular primitif seperti boa constrictors. Memang kromosom sex ular sedikit berbeda dengan mamalia. Sel ular jantan memiliki buah kromosom Z, Sedangkan sel ular betina memiliki kromosom Z dan W.

 

Dalam studi ini, semua anak ular betina yang dihasilkan melalui reproduksi aseksual memiliki kromosom WW. Fenomena ini, kata Booth, tidak pernah terlihat sebelumnya dan rasanya mustahil terjadi. Memag hal itu dapat terjadi melalui manipulasi yang rumit dalam laboratorium. Namun itupun hanya bisa diterapkan kepada ikan dan amfibi.

Selama dua tahun ini, tim peneliti menemukan ibu seper boa lainnya yangΒ  melahirkan tanpa perkawinan, yang semua bayinya betina. Kromosomnya juga WW dan terjadi mutasi warna. Induk pertama menghasilkan 12 bayi ular dan yang kedua berisi 10 bayi. Sebelumnya, ibu super ini memiliki anak dengan cara kuno, yakni kawin dengan boa jantan.

Sumber : Koran TEMPO Jum’at 5 November 2010

About kiki.febrian

manusia biasa yang simple dan apa adanya

Posted on November 7, 2010, in Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: