Terumbu Karang Mentawai “Terancam”

Bandung – terumbu karang di kepulauan Mentawai, terutama di sekitar Pulau Pagai Selatan, dikhawatirkan rusak berat. Kerusakan tersebut terjadi karena kekuatan tsunami pada 25 Oktober 2010, bukan karena patahan gempa.

Peneliti Paleotsunami Eko Yulianto mengatakan naiknya lempeng bumi disekitar sumber gempa yang berjarak 78km sebelah barat Kecamatan Pagai Selatan tidak signifikan merusak terumbu karang. ” Kerusakan itu biasanya akibat tsunami yang menggerus terumbu karang,” ujarnya.

Terumbu karang rusak karena hantaman berbagai material dari daratan yang digulung tsunami masuk ke laut. Material halusnya bisa menutupi terumbu karang dan mematikannya. “Karena sinar matahari ke karang terhalang, “kata peneliti dari Pusat Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Berdasarkan pengamatan langsung di perairan kepulauan Mentawai tahun lalu, kondisi terumbu karang masih tumbuh baik di bagian bawah perairan. Disana, karang menjadi pusat informasi berharga untuk menghitung periodisasi gempa besar segmen Mentawai. ” Di sebelah karang yang mati, akan tumbuh lagi karang yang baru, ” ujarnya.

Selama ini, kata Eko, karang di pulau Pagai Selatan, misalnya, tumbuh cukup dangkal hingga menyulitkan kapal yang ingin masuk ke Pulau itu. Dia berharap kerusakannya kali ini tidak sebesar dampak tsunami Aceh pada 2004 dan Tsunami di Flores pada 1992, yang membunuh terumbu karang secara luas di Pulau Babi.

Sumber : Koran TEMPO Selasa, 2 November 2010

About kiki.febrian

manusia biasa yang simple dan apa adanya

Posted on November 7, 2010, in Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: