Alkohol Jauh Lebih Mematikan dari Heroin dan Kokain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LONDON – Alkohol jauh lebih berbahaya daripada obat-obatan ilegal seperti heroin dan kokain. Hasil studi anyar ini diperoleh berdasarkan eveluasi yang dilakukan ilmuan Inggris terhadap substansi alkohol, kokain, heroin, ekstasi, dan marijuana. Mereka membuat peringkat dampak kerusakan dari setiap substansi itu terhadap orang yang mengonsumsinya serta masyarakat secara keseluruhan.

Para peneliti menganalisis seberapa besar obat itu menyebabkan kecanduan dan bagaimana obat itu merusak tubuh manusia, selain kriteria seperti kerusakan lingkungan. Juga perannya yang dapat memecah belah keluarga dan biaya ekonomis yang ditimbulkan, semisal pelayanan kesehatan dan sosial serta penjara. Heroin, kokain, dan metamfetamin adalah obat ilegal paling mematikan bagi manusia. Dari sisi luasnya pengaruh sosial pengguna obat terlarang itu, alkohol, heroin, dan kokain adalah yang paling mematikan. Namun, secara keseluruhan, alkohol melampaui semua substansi lain, disusul heroin dan kokain. Marijuana, ekstasi, dan LSD berada di peringkat bawah.

Dalam studi yang dipblikasikan dalam jurnal Lancet, para pakar mengatakan alkohol menduduki peringkat teratas karena substansinya yang memabukan itu digunakan secara luas dan konsekuensi kerusakannya tak hanya bagi orang yang meminumnya, tapi juga orang lain di sekitarnya ” Coba pikirkan apa yang terjadi dalam setiap pertandingan football,” kata Wim Van Dem Brink, dosen psikiatri dan kecanduan di Uneversity of Amsterdam.

Ketika seseorang mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, alkohol merusak hampir semua organ. Substansi itu juga terlibat dalam peningkatan angka kematian dan kriminalitas dibandingkan dengan obat lain, termasuk Heroin.

Untuk mengatasi masalah alkohol, King mengatakan pemerintah harus lebuh banya mengadakan program pendidikan dan menaikan harga alkohol.

 

Sumber : Koran Tempo Selasa, 2 November 2010

About kiki.febrian

manusia biasa yang simple dan apa adanya

Posted on November 7, 2010, in Kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: