Terjemahan “The Spirit Carries On”

Sudah lebih dari 1 tahun mengenal lagu ini, dan mulai meraba-raba makna dari kata-kata yang digunakan oleh pencipta dari lagu ini. Dream Theatre, mungkin tak banyak yang mengenal band senior ini karena kualitas musiknya yang cukup berat dan sedikit susah untuk memahami makna yang ada di setiap lagunya.

Dalam artikel ini, saya merasa terkagum-kagum karena mengetahui dan mulai memahami maksud yang ingin disampaikan dalam lagu ini. The Spirit Carries On yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai “Semangat Menjalankan”.  Dari judul ini, mungkin sudah sangat rancu dan membuat saya untuk ingin menerjemahkan. Berikut saya sajikan lirik ini dalam 2 versi. Dan saya harap banyak yang bisa kita ambil dari makna lagu ini.

English version :

The Spirit Carries On

Where did we come from?
Why are we here?
Where do we go when we die?

What lies beyond
And what lay before?
Is anything certain in life?

They say, “Life is too short”
“The here and the now”
And “You’re only given one shot”

But could there be more,
Have I lived before,
Or could this be all that we’ve got?

If I die tomorrow
I’d be all right
Because I believe
That after we’re gone
The spirit carries on

I used to be frightened of dying
I used to think death was the end
But that was before
I’m not scared anymore
I know that my soul will transcend

I may never find all the answers
I may never understand why
I may never prove
What I know to be true
But I know that I still have to try

If I die tomorrow
I’d be allright
Because I believe
That after we’re gone
The spirit carries on

[Victoria:]
“Move on, be brave
Don’t weep at my grave
Because I am no longer here
But please never let
Your memory of me disappear”

[Nicholas:]
Safe in the light that surrounds me
Free of the fear and the pain
My questioning mind
Has helped me to find
The meaning in my life again

Victoria’s real
I finally feel
At peace with the girl in my dreams
And now that I’m here
It’s perfectly clear
I found out what all of this means

If I die tomorrow
I’d be allright
Because I believe
That after we’re gone
The spirit carries on

Versi Indonesia :

Semangat Menjalankan

Dari mana kita berasal?
Mengapa kita di sini?
Mana kita pergi saat kita mati?

Apa yang ada di luar
Dan apa yang ada sebelumnya?
Adalah segala sesuatu tertentu dalam hidup?

Mereka mengatakan, “Hidup ini terlalu singkat”
“Di sini dan sekarang”
Dan “Kau hanya diberikan satu kesempatan”

Tapi ada bisa lebih,
Apakah aku pernah hidup sebelumnya,
Atau mungkin ini semua yang kita punya?

Jika aku mati besok
Aku akan baik-baik saja
Karena saya percaya
Bahwa setelah kita pergi
Semangat menjalankan

Dulu aku sangat takut akan kematian
Saya terbiasa berpikir kematian adalah akhir
Tapi itu sebelum
Aku tidak takut lagi
Saya tahu bahwa jiwa saya akan berpindah

Aku tidak pernah dapat menemukan semua jawaban
Aku tidak pernah dapat memahami mengapa
Aku tidak pernah bisa membuktikan
Apa yang saya tahu benar
Tapi aku tahu bahwa aku masih harus berusaha

Jika aku mati besok
Aku ya udah santai aja
Karena saya percaya
Bahwa setelah kita pergi
Semangat menjalankan

[Victoria:]
“Ayo, berani
Jangan menangis di kuburan saya
Karena saya tidak lagi di sini
Tapi tolong jangan biarkan
memori Anda dari saya menghilang ”

[Nicholas:]
Aman di dalam terang yang mengelilingi saya
Bebas dari rasa takut dan rasa sakit
Saya mempertanyakan pikiran
Telah membantu saya untuk menemukan
Arti dalam hidupku lagi

Victoria’s real
Saya akhirnya merasa
Berdamai dengan gadis dalam mimpi saya
Dan sekarang bahwa aku di sini
Ini sangat jelas
Saya menemukan apa semua ini berarti

Jika aku mati besok
Aku ya udah santai aja
Karena saya percaya
Bahwa setelah kita pergi
Semangat menjalankan

Kata-kata yang sangat membuat penasaran dan menjadikan kita semangat dalam menjalankan hidup. Hal yang dapat saya ambil dari kata-kata ini, kita harus selalu semangat dalam menjalani hidup, manfaatkan waktu sebelum masa kita habis di dunia, dan jangan pernah takut bila ajal menjemput. Tetap SEMANGAT!!

Untuk lagunya, search : Dream Theatre-The Spirit Carries On

About kiki.febrian

manusia biasa yang simple dan apa adanya

Posted on November 3, 2010, in Musik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

