Si oranye yang membuat kulit mulus

Renny Wahyuningsih – detikFood

Jakarta – Si oranye yang renyah manis ini tak hanya enak buat campuran sup. Dibuat jus, salad, sup atau cake juga legit. Kalau dulu wortel populer karena khasiatnya buat kesehatan mata, ternyata wortel juga menyimpan khasiat yang lain. Apa saja nutrisi hebat yang ada pada sayuran ini?

Wortel si oranye yang dahsyatmerupakan sayuran yang mudah di dapatkan dan sangat murah, tetapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dari dulu wortel dikenal sebagai sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Karena itu pula sejak kecil anak-anak sudah diajarkan untuk makan wortel yang rasanya manis ini.

Wortel yang bernama Latin, Daucus carota atau adalah sayuran yang berasal dari umbi tumbuhan. Ad
a yang berwarna jingga, ungu atau putih. Teksturnya renyah dengan bagian tengah keras, mirip tekstur kayu. Wortel adalah tumbuhan biennial yang siklus hidupnya 12 – 24 bulan. Sayuran yang bentuknya runcing memanjang ini menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar.
Wortel dikenal memiliki kandungan Vitamin A yang tinggi. Sungguh menakjubkan, 100g wortel mengandung 28.000 IU (Internasional Unit) vitamin A, dibandingkan dengan brokoli,  100g brokoli memilki 1,500 IU  vitamin A, selain memiliki unsur lain seperti serat, potasium, vitamin C, dan vitamin K. Tumbuhan ini  ditanam sepanjang tahun, terutama di daerah pegunungan yang memiliki suhu udara dingin dan lembab, dan tumbuhan ini dapat tumbuh pada semua musim.

Karena kandungan vitamin A nya yang tinggi, wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Namun, ternyata wortel juga punya kandungan nutrisi lain yang tak kalah bagus. Wortel mengandung karotenoid yang kemudian diolah menjadi vitamin A. Nutrisi ini baik untuk hati dan berpenting  untuk menjaga kesehatan kulit, gigi, dan daya tahan tubuh.

Selain dimakan segar, wortel bisa diolah menjadi campuran sup, salad, cake atau dibuat jus dengan tambahan buah segar lainnya. Rasa manis dan segarnya membuat wortel mudah dipadu dengan bahan lain. Kalau kurang suka dengan bau langunya, campur saja dengan sedikit air jeruk nipis atau lemon.

( eka / Odi )

sumber : http://www.detikfood.com/read/2010/10/22/133227/1472238/900/wortel-bikin-kulit-mulus

About kiki.febrian

manusia biasa yang simple dan apa adanya

Posted on Oktober 23, 2010, in Kesehatan. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Ternyata selain yang kita ketahui bahwa wortel baik untuk mata, ternyata wortel juga sangat bermanfaat bagi kulit. memang pada kenyataannya pengobatan ataupun bahan dalam bentuk herbal lebih baik dikonsumsi daripada kita sering mengonsumsi bahan kimia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: